Alasan Mengapa Brand Anda Harus Eksis Dalam Instagram

instagram

Instagram saat ini telah bermetamorfosis dari jejaring sosial yang berfungsi sebagai hanya “tempat nongkrong” para remaja trendi menjadi situs jejaring sosial yang serius dan memiliki prospek besar untuk bisnis.  Instagram menawarkan kesempatan unik untuk bisnis anda untuk mencapai target pasar tertentu dengan memberikan konten visual yang menarik. Maka dari itu terdapat beberapa alasan mengapa brand anda perlu tampil eksis di Instagram, terlebih bila produk anda yang berhubungan dengan gaya hidup.

  1. Pengguna internet menghabiskan lebih banyak waktu di Instagram daripada jejaring sosial lain selain Facebook

Menurut penelitian oleh  com.Score, pengguna internet di AS menghabiskan sekitar 12 miliar menit di Instagram tiap bulannya. Memang,  hal tersebut masih dibawah Facebook, dimana user menghabiskan waktu di Facebook sekitar 230 miliar menit tiap bulannya. Tapi hasil survei tersebut cukup luar biasa bagi Instagram yang tergolong rising star. Apalagi bila anda secara khusus menyasar pasar ceruk atau niche market, maka Instagram adalah pilihan yang tepat.

  1. Instagram bersahabat bagi pelaku bisnis kecil untuk mendominasi ceruk pasar

Media sosial seperti Facebook sudah terlalu banyak dimanfaatkan oleh brand besar. Dan itu menjadi tantangan tersendiri bagi usaha kecil. Anda akan kesulitan untuk menerapkan diferensiasi dan berkompetisi secara unggul. Maka dari itu Instagram menjadi alternatif yang pas dan baik untuk merintis dalam mendapatkan audiens.

  1. Instagram memberikan anda kemampuan unik untuk meningkatkan popularitas merek dengan konten visual.

Konten visual memberikan anda kesempatan yang baik untuk memutuskan bagaimana anda ingin menampilkan merek anda. Salah satu keuntungan besar yang bisa anda dapat adalah anda bisa berbagi gambar dengan berbagai filter, yaitu menampilkan gambar produk secara variatif dan tematik sesuai dengan hal yang ingin anda sampaikan melalui gambar tersebut.

  1. Banyaknya pesanan atau penjualan yang terjadi pada Instagram.

Menurut brand Shopify, arahan instagram  mengakibatkan nilai pesanan rata-rata 65 dollar, ini adalah yang kedua setelah Polyvore dengan rata-rata penjualan 66,75 dollar. Meskipun sebagian besar kunjungan user pada akun Instagram bisnis anda tidak selalu menghasilkan pembelian , namun rata-rata pembelian dari promo Instagram lebih besar dibanding promo pada media sosial lainnya.

  1. Konten Visual di Media Sosial Memicu Engagement yang kuat

Saat ini para user atau konsumen selalu tertarik untuk melihat galeri produk dibanding hanya sekedar kata-kata. Bahkan menurut penelitian, konten visual saat ini merupakan taktik bisnis yang paling penting untuk mengoptimalkan konten media sosial para pebisnis. Anda tak hanya melulu berbagi gambar produk, banyak konten visual lain yang dapat di-sharing, seperti; infografis, kupon grafis, video tutorial singkat, maupun hal kreatif lainnya.

  1. Instagram tidak memiliki filtering feed

Tidak seperti Facebook yang hanya menunjukkan posting anda untuk sebagian kecil dari audiens anda, posting pada Instagram akan muncul pada feed setiap pengikut anda. Hal ini menjamin anda bahwa konten berharga anda akan benar-benar bisa dilihat. Foto akan ditampilkan dalam urutan yang kronologis dan teratur.

  1. Instagram dapat berfungsi sebagai content-creator untuk jaringan sosial lainnya.

Konten visual tidak hanya populer di Instagram. Facebook, Twitter, Youtube, bahkan Pinterest pun juga memerlukan konten visual yang bagus dan mendukung. Konten yang anda buat pada Instagram, dapat pula anda gunakan pada saluran pemasaran lainnya seperti Facebook, Blog, atau website anda.

  1. Instagram sangat ideal untuk on-the-go-sharing

Instagram dirancang untuk digunakan pada perangkat mobile.  Hal tersebut menunjukkan bahwa konsep dari Instagram adalah cepat dan simpel, anda memungkinkan untuk go mobile secara efektif.

  1. Instagram memiliki beberapa tingkat konversi tertinggi di antara situs jejaring  sosial populer

Mungkin faktor satu ini merupakan faktor terpenting bagi pebisnis untuk memilih Instagram sebagai media promosi mereka, yaitu tingginya tingkat konversi di Instagram, yaitu dimana kunjungan user berbuah transaksi pembelian atau penjualan. Menurut Shopify, tingkat di mana Instagram pengunjung deal untuk melakukan pembelian ketika mengunjungi sebuah situs adalah 1,08%; ini berarti bahwa untuk setiap 100 pengunjung yang mampir di situs Anda melalui Instagram, 1 user akan melakukan pembelian.

sumber: Forbes

 

 

English Version:

Some Reasons Instagram Should be a Major Part of Your Brand

Instagram has morphed from a trendy teen hangout to a serious social networking site with great promise for businesses. With 34% of US internet users now using Instagram, Instagram is second only to Facebook in terms of US audience penetration. This article will outline 10 reasons your brand needs to be on Instagram – or risk missing out on significant opportunities.

  1. Internet users spend more time on Instagram than on any other network besides Facebook

According to Research by comScore, US internet users spend approximately 12 billion minutes on Instagram each month. Compared to Facebook’s 230 billion minutes, this is a drop in the bucket; but for businesses looking to dominate in a more niche, image-centric network, Instagram offers a huge opportunity.

  1. It’s still early enough to establish a presence and dominate your niche

Getting noticed on Facebook can be a challenge for small businesses. With so many businesses using the platform, it can be difficult to get found via on-site search and to differentiate themselves from the competition.

  1. Instagram gives you the unique ability to augment your brand with visual content

Visual content gives you the unique opportunity to decide how you want to showcase your brand. A huge advantage to sharing images on Instagram is the wide range of filters; using various filters you can give a different look or feel to your images, using them to convey your desired mood and message.

  1. Instagram drives sales with high average orders

According to Shopify, Instagram referrals result in an average order value of $65; this is second only to Polyvore’s $66.75. While certainly most visits won’t end up resulting in a purchase, those that do will result in considerably higher revenue than other social networks; for instance, YouTube’s $37.63 average order value.

  1. Visual content in social media continues to dominate in terms of engagement

More than ever before, social media users want to see brands posting visual content. In fact, according to research, visual content is currently the most important tactic businesses use for optimizing their social media content.

To keep your Instagram followers engaged, post images like infographics, image quotes, graphic coupons and behind-the-scenes images. For videos, try posting short tutorials or behind-the-scenes clips to elicit views and engagement.

  1. Instagram doesn’t have a filtered feed

Unlike Facebook, which only shows your posts to a small portion of your audience, Instagram posts show up in the feeds of every single one of your followers.

This assures you that your valuable content will actually get seen; images are shown in chronological order, so as long as you’re posting regularly, your posts have a good chance of getting seen by your followers (at least by the ones who are on the platform when you post).

  1. Instagram can serve as a content-creator for other social networks

Visual content isn’t just popular on Instagram. We know that images and videos are huge on Facebook and Twitter, and obviously on visual-centric networks like Pinterest and YouTube as well. While Instagram gives you the unique ability to easily create eye-catching images, you can always use these images as content for your other marketing channels: for instance your Facebook posts, Pinterest boards or blog.

  1. Instagram is ideal for on-the-go-sharing

More than any of the other big networks, Instagram is designed and intended to be used on mobile devices. This means sharing is quick and easy, regardless of when and where you’re posting from. This makes Instagram perfect for sharing candid and behind-the-scene shots, both of which can elicit significant engagement.

  1. Instagram has some of the highest conversion rates among popular social networking sites

While direct sales usually aren’t the primary benefit of using social media, there’s no doubt that having high conversion rates is an unexpected bonus. According to Shopify, the rate at which Instagram visitors go on to make a purchase when visiting a site is 1.08%; this means that for every 100 visitors who find your site through Instagram, 1 will make a purchase. While this doesn’t exactly seem like an earth-shattering conversion rate, it’s still the 4th highest among social networking sites.

, , , ,