Cara Meningkatkan Personal Branding Produk Anda

Personal branding

Seorang pebisnis tak hanya dituntut untuk mampu membuat produk yang berkualitas. Produk yang bagus tanpa disertai kekuatan brand yang mantap dan strategi pemasaran yang efektif akan terasa sia-sia. Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum mengimplementasikan strategi bisnis anda adalah anda harus memantapkan dahulu personal branding dari produk anda. Karena penetapan strategi dan taktik pemasaran bisnis anda berpondasi dari rancangan personal branding yang anda tetapkan pada produk.

Secara teori, menurut Kotler & Armstrong, brand merupakan identitas yang merepresentasikan persepsi dan perasaan konsumen terhadap sebuah produk dan kinerja. Sedangkan personal branding sendiri adalah sebuah persepsi yang anda lekatkan pada produk anda sehingga nantinya citra produk anda di mata masyarakat seperti yang anda harapkan atau rencanakan. Berikut ini adalah tips untuk meningkatkan personal branding produk anda agar produk anda memiliki citra yang kuat pada ingatan konsumen.

Tentukan Secara Tepat Target Pasar Anda

Berbicara mengenai target pasar, berarti kita membahas mengenai hal yang lebih spesifik dari konsep segmentasi. Misal, segmen yang anda tuju adalah pelajar SMA laki-laki (dari sektor demografi), lalu setelah itu dari segmen tersebut dikerucutkan lagi menjadi pelajar SMA laki-laki yang memiliki hobi otomotif, itulah yang dimaksud dengan targeting.

Target pasar anda inilah yang menjadi landasan dari penentuan positioning produk anda. Personal branding merupakan bagian dari tahap positioning tersebut, dimana anda berusaha melekatkan suatu citra tertentu pada produk anda. Semakin detail target pasar yang anda tuju maka akan semakin kuat pula citra brand anda dipikiran konsumen.

Tentukan Goal Branding

Setelah memiliki target pasar yang jelas, maka saatnya untuk merancang goal branding yang tepat dan sesuai dengan target yang anda tuju. Ingin dikenal dengan imej seperti apakah brand anda, atau persepsi apa yang anda inginkan dari konsumen terhadap produk anda. Pepsi dikenal sebagai minuman soda dengan imej sporty dan dinamis; Silver Queen sangat kuat dengan citra friendship, muda, dan bebas; provider Simpati dikenal dengan provider yang dekat dengan pebisnis, bercitra elegan, dan mobile. Citra seperti apakah yang anda inginkan untuk produk anda?

Masuk ke Ranah Komunitas

Komunitas adalah kelompok potensial yang mampu memperkuat personal branding produk anda. Kelompok semacam ini memiliki ikatan antar member yang kuat dan memiliki daya worth of mouth yang sangat bagus. Apabila anda sukses memasuki suatu komunitas besar yang mewakili karakter produk anda, maka langkah anda selanjutnya akan semakin enteng.

Endorsement

Peter Says Denim merupakan salah satu clothing brand yang sukses membentuk citra produknya imej rebel, youth, dan rockstar. Saatnya memikirkan  untuk melakukan endorsement. Pilih individu atau kelompok yang merepresentasikan karakter produk anda. Jangan terlalu pelit untuk mengeluarkan biaya di promosi awal seperti ini Membangun citra produk membutuhkan waktu dan konsistensi.

Aktif di Media Sosial

Platform media sosial merupakan media yang bagus untuk membangun citra, berbagi informasi dan ilmu. Selain itu media  ini juga dapat digunakan untuk menjaring fan yang unik dalam jumlah besar. Bahkan untuk bisa saja pelanggan tetap tercipta dari jalinan relasi yang baik di media sosial.

 

 

 

English Version:

How To Improve Personal Branding of Your Products

A businessman is not only required to be able to make a quality product. Good product without a brand strength and effective marketing strategy would seem futile. One of the things that must be considered before implementing your business strategy is that you have to establish first personal branding of your product. Because determining the strategy and tactics of your business marketing plan begins with personal branding that you specify on the product.

In theory, according to Kotler & Armstrong, an identity that represents the brand perception and how consumers feel about a product and performance. While personal branding itself is a perception that you attach to your product so that later the image of your product in the mind of society as you expect or want. Here are tips to improve personal branding your products so that your product has a strong image in consumer memory.

Define Your Target Market

Talking about the target market, then we discuss the more specific terms of the concept of segmentation. For example, the segment that you are headed is a male high school student (from the demographic sector), and after that from the segment pursed again become male high school students who have automotive hobby, that is what is meant by targeting.

Your target market that is the cornerstone of determining the positioning of your product. Personal branding is part of the positioning stage, where you are trying to attach a certain image on your product. The right target market will further simplify your strategy

Determine Goal Branding

After having a clear target market, then it is time to design the branding goals are appropriate and in accordance with the target that you want to go. What perception what you want from consumers towards your products. Pepsi is known as soda with sporty and dynamic image; Silver Queen is very strong with the image of friendship and young and free; Simpati provider known provider close to the businessman, elegant, and mobile. What kind of image you want for your products?

Go to the Community

Community is a potentialgroup that can strengthen your personal branding products. Such groups have a strong bond between members and has a great worth of mouth. If you successfully entered a large community of characters representing your product, then your next step will be more lightly.

Endorsement

Peter Says Denim is one of the successful clothing brand with image of rebel, youth, and rockstar. It is time to think to do endorsements. Choose someone or group who is able to represent your product character. Do not be too stingy to spend on promotion early as this Build image of the product takes time and consistency.

Active in Social Media

Social media platform is a good media for image building, sharing information and knowledge. In addition, this media can be used to capture the unique fan in large quantities. Even for regular customer could be created from the good relationships in social media.

, , , , ,