Enam Motivasi Pelanggan Yang Berpengaruh Bagi Penentuan Online Value Proposition Perusahaan

motivation

Ditengah gempuran UKM-UKM atau startup baru yang selalu bermunculan bak jamur di musim hujan, anda harus lebih berpikir keras dalam menciptakan keunggulan produk ataupun strategi bisnis. Ada dua pilihan bagi anda untuk memajukan bisnis anda, yaitu menciptakan produk yang berkualitas, atau menciptakan produk yang biasa namun dengan taktik pemasaran yang unik dan tidak biasa.

Sebuah brand harus memiliki keunikan yang ditawarkan sebagai special benefit. Menurut Dave Chaffey, pakar digital marketing, terdapat enam motivasi pelanggan (6Cs) yang dapat membantu perusahaan menentukan OVP (online value proposition) nya.

  1. Content

Konten yang relevan merupakan hal yang utama. Konten online haruslah menyajikan sesuatu untuk mendukung saluran lainnya. Melalui konten ini, perusahaan dapat menyajikan informasi yang bermanfaat bagi pelanggan seperti hal detail mengenai proses pembelian maupun cara penggunaan produk. Selain itu konten juga harus interaktif, karena melalui konten inilah perusahaan dapat menciptakan hubungan dengan pelanggan personal, pelanggan korporat (business to business) dan menyasar segmen yang tepat.

  1. Customization

Penyesuaian konten, dimana tim kreatif pemasaran dari perusahaan membuat konten yang bersifat personal dan menyampaikannya secara tepat. Biasa diterapkan pada halaman awal sebuah website atau halaman email.

  1. Community (serta partisipasi)

Komunitas juga dapat digolongkan sebagai “social network”. Online channel seperti website contohnya, merupakan many to many media, dimana kita dapat memanfaatkan audiens untuk berkontribusi untuk mengisi konten website.

  1. Convenience

Kenyamanan atau kemudahan adalah kemampuan untuk menemukan, memilih, melakukan pembelian serta penggunaan produk. Dalam hal ini anda memiliki keunggulan dalam hal persebaran distribusi produk, sehingga pelanggan mendapatkan akses yang mudah untuk mendapatkan produk-produk anda.

  1. Choice

Web memberikan pilihan produk serta supplier yang lebih luas dibandingkan media tradisional. Beberapa diantara perantara online yang sukses adalah Kelko dan Screentrade telah membuktikan hal ini.

  1. Cost Reduction

Internet secara luas dianggap sebagai tempat yang relatif murah dari pembelian. Cara beriklan secara konvesional memang menghabiskan biaya yang besar, selain itu kita tidak bisa menganalisa audiens atau berapa orang yang memantau iklan kita. Namun dengan memanfaatkan online promotion kita dapat melakukan promosi yang lebih terukur dan memiliki report yang jelas terkait jumlah pengunjung, jumlah pengunjung yang melakukan klik, atau jumlah pengunjung yang meninggalkan komentar.

 

 

English Version:

Six Influential  Customer’s Motivation  For Determining Online Value Proposition

Amid a new startup that is always popping up like mushrooms in the rainy season, you should be thinking hard in creating excellence of products or business strategies. There are two options for you to promote your business, which is to create high-quality products, or create products that are usual but has a unique marketing tactics.

A brand must have a special uniqueness that is offered as a benefit. According to Dave Chaffey, an expert in digital marketing, there are six customer motivations (6Cs) that can help a company determine its OVP.

  1. Content

Relevant content is the main thing. Online content must present something to support other channels. Through this content, companies can present useful information to customers as it details about the purchasing process or manner of use of the product. Moreover content should also be interactive, because through these content companies can create personal relationships with customers, corporate customers (business to business) and targeting the right segment.

  1. Customization

Adjustment of content, where creative marketing team of the company makes personalized content and deliver it accurately. Usually applied on the home page of a website or email page.

  1. Community (and participation)

Communities can also be classified as a “social network”. Online channels such as websites, for example, is many to many media, where we can take advantage of the audience to contribute to fill the website’s content.

  1. Convenience

Comfort or convenience is the ability to find, choose, make purchases and use of the product. In this case you have the advantage in terms of the spread of the distribution of the products, so that customers get easy access to get your products.

  1. Choice

Web gives choice of products and suppliers wider than traditional media. Some of intermediaries successful online is Kelko and Screentrade has proved this.

  1. Cost Reduction

Internet is widely regarded as a relatively inexpensive place of purchase. How to advertise conventional indeed spend a huge cost, other than that we can not analyze the audience or how many people are watching our ads. However, by utilizing online promotion campaign that we can do more scalable and have a clear report regarding the number of visitors, the number of visitors who click, or the number of visitors who leave comments.

, ,

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *