Pedoman Penerapan E-Marketing Bagi Perusahaan

e marketing

Platform media sosial seperti Facebook, Twitter, serta LinkedIn bukan merupakan hal baru lagi. Banyak dari perusahaan telah memiliki bentuk komunikasi melalui platform tersebut dan pelanggan akan mendiskusikan brand mereka serta ketertarikan yang terkait. Maka dari itu mulai dari saat ini penting bagi perusahaan untuk memulai pengembangan strategi dengan mengecek situasi saat ini, sosial media seperti apakah yang cocok untuk menyampaikan komunikasi brand untuk tujuan komersial. Sebelum anda mengimplementasikan strategi anda, perhatikan dulu dua poin penting dari strategi e-marketing, yaitu tujuan (objective), serta taktik.

Objective

Ada lima contoh manfaat diterapkannya e-marketing bagi perusahaan, yang semuanya bisa dirangkum menjadi 5S. 5S ini bisa dijadikan sebagai pedoman penetapan tujuan bagi perusahaan yang ingin menerapkan e-marketing. Berikut penjelasan dari 5S tersebut

1. Sell

Salah satu manfaat dari adanya penerapan e-marketing pada perusahaan adalah dapat membantu dalam meningkatkan penjualan, karena promosi yang dilakukan perusahaan secara online bisa menjangkau masyarakat luas. Jika tujuan perusahaan menerapkan e-marketing ini adalah untuk meningkatkan penjualan, maka buatlah promosi secara online yang dapat meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk perusahaan.

2.  Serve

Manfaat lain dari adanya penerapan e-marketing adalah menambah value. Jika tujuan perusahaan menerapkan e-marketing adalah untuk menambah value bagi pelanggan, maka buatlah e-marketing yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan atau customer service.

3. Speak

Jika penerapan e-marketing pada perusahaan bertujuan untuk bisa lebih dekat dengan pelanggan, maka buatlah e-marketing menjadi sarana komunikasi yang efektif antara perusahaan dengan pelanggan.

4. Sizzle

Jika tujuan perusahaan menerapkan e-marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness dan recognition melalui jalur online, maka buatlah e-marketing yang dapat menyebarkan informasi mengenai brand, produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan secara cepat kepada masyarakat luas.

5. Save

Jika penerapan e-marketing bertujuan untuk mengurangi biaya promosi, maka buatlah e-marketing yang dapat mengurangi anggaran biaya yang sering dikeluarkan perusahaan sebelum adanya penerapan e-marketing.

 

Taktik

Pada intinya perbedaan strategi dengan taktik adalah: strategi merumuskan panduan umum yang akan dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan, sedangkan taktik merumuskan detail langkah atau tahap seperti apa yang akan dilakukan untuk pelaksanaan strategi tersebut.

  1. Reach

Menggunakan sosial media untuk meraih prospek baru melalui publisitas yang intens. Seperti shared mention di arus sosial media atau melakukan advertising dengan sosial media.

  1. Act

Menggunakan sosial konten atau atau website serta outpost sosial untuk mendorong interaksi yang mengarah pada peningkatan eksistensi.

  1. Convert

Meningkatkan konversi penjualan melalui interaksi sosial media yang nantinya akan menggerakkan pelanggan untuk melakukan pembelian berdasarkan rekomendasi sosial.

  1. Engage

Mendorong pelanggan yang ada untuk bertindak sebagai pendukung bagi brand untuk berbagi melalui bisnis dan rekomendasi.

 

 

English Version:

Guidelines to Implement an E-Marketing For Company

Social media platforms such as Facebook, Twitter, and LinkedIn is not a new thing anymore. Many of these companies already have a form of communication through the platform and customers will discuss their brand as well as the associated interest. Therefore from this point is important for companies to begin developing a strategy to check the current situation, social media such as whether suitable to convey the brand communication for commercial purposes. Before you implement your strategy, first consider two important points of e-marketing strategy, that is the goal (objective) and tactics.

Objective

There are five examples of the benefits of the implementation of e-marketing for the company, all of which can be summarized into 5S. 5S can serve as guidelines for setting goals for companies who want to implement e-marketing. Here’s an explanation of the 5S

1. Sell

One of the benefits of the implementation of e-marketing in the company is able to assist in increasing sales, because the promotion is done online companies can reach out to the wider community. If the purpose of implementing e-marketing company is to increase sales, then make an online promotion that can convince potential customers to buy the company’s products.

2. Serve

Another benefit of the application of e-marketing are adding value. If the purpose of implementing e-marketing company is to add value for customers, create e-marketing to improve the service quality or customer service.

3. Speak

If the implementation of e-marketing at the company aims to be closer to customers, create e-marketing become an effective means of communication between companies and customers.

4. Sizzle

If the purpose of implementing e-marketing company is to increase brand awareness and recognition through online channels, create e-marketing that can disseminate information about the brand, products or services offered by the company quickly to the general public.

5. Save

If the application of e-marketing campaign aims to reduce costs, create e-marketing to reduce budget costs are often incurred by the company before the implementation of e-marketing.

 

Tactics

In essence the difference strategy with tactics are: to formulate strategies that will guide public companies do to achieve the goal, while formulating tactics detail the steps or stages of what will be done for the implementation of the strategy.

  1. Reach

Using social media to reach new prospects through intense publicity. Like shared mention in the social stream media or do advertising with social media.

  1. Act

Using social or content or the website as well as social outpost to encourage interactions that lead to an increase in existence.

  1. Convert

Increase sales conversions through social media interaction that will move customers to make purchases based social recommendation.

  1. Engage

Encourage existing customers to act as advocates for the brand to share through business and recommendations.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

, ,