Pelajaran Penting Bagi Para Founder Setelah Mendirikan Startup

bisnis plan

Membangun suatu bisnis merupakan langkah awal dari rangkaian perjalanan panjang seorang pengusaha. Banyak langkah penting yang lebih besar yang harus dilakukan oleh founder setelah mendirikan startup bisnisnya. Mulai dari merumuskan strategi jangka pendek, membuat konsep manajerial, hingga memikirkan strategi untuk meraih pendanaan. Berikut ini adalah pelajaran penting bagi para founder yang baru mendirikan bisnisnya dari Kevin Rose, founder Digg yang juga co-founder dari North Technologies.

Menghilangkan Ego Pribadi

Seorang founder tidak dituntut serba bisa dan dapat melakukan seluruh hal teknis dalam bisnisnya. Pasti terdapat beberapa poin yang tidak dikuasai secara maksimal oleh founder. Untuk hal ini para founder harus mengakui hal-hal yang tidak diketahuinya dan mau bekerja sama dengan orang lain secara terbuka.  “Itu merupakan cara untuk mulai menumbuhkan diri anda bersama dengan perusahaan anda. Semua enterpreneur yang sangat sukses mengelilingi dirinya dengan orang hebat-hebat. Menghilangkan ego pribadi dan menyerap informasi dari orang lain adalah hal yang penting untuk dilakukan,”.

Fokus Pada Ide Tertentu

Ketika merancang suatu produk, kita sering “tergoda” untuk mendiskusikan ide-ide yang menarik dan potensial. Tapi waktu kita akan terbuang bila terus mengejar ide-ide baru yang bermunculan. “Seseorang akan memberikan ide. Kemudian Anda akan mendiskusikannya dengan tim. Mendadak, dari ide kecil tersebut akan muncul pendapat-pendapat baru dan akhirnya akan menjadi hal yang besar. Sebagai seorang founder, Anda harus membuat keputusan tentang ini: ‘Bagaimana saya akan melakukan semua itu sekaligus?’ dan jawabannya adalah : Anda tidak boleh melakukannya sekaligus,” saran Kevin.

Hal yang tepat adalah dengan menyaring 2-3 ide yang benar-benar mantap dan potensial, dan fokuslah pada pilihan ide tersebut. Kita tidak bisa melakukan segala hal dalam periode tertentu sekaligus. Lebih baik fokus pada sedikit hal namun maksimal, dibanding mengerjakan banyak hal namun menimbulkan kerancuan.

Jadikan Fans Sebagai Brand Adcovates

Kevin menuturkan, bahwa ketika Digg berdiri, perusahaan tersebut berusaha merangkul para fans dan membangun komunitas. “Dengan mengadakan acara-acara meet-up komunitas, anda dapat membangun hubungan dengan fans anda dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada mereka”

Dan poin ini kerapkali dilupakan oleh para founder. Mereka terlalu sibuk dengan produk dan pemasaran, namun lupa untuk menjalin relasi dan engagement dengan pelanggan.

Terapkan Networking Secara Natural dan Bersahabat

Mungkin sudah tidak jaman melakukan networking dengan cara yang formal seperti mengirimkan PR agency, forum tertutup dan lain sebagainya. Para founder harus aktif dalam bergaul dengan pelanggan, wartawan, maupun praktisi ahli agar lebih dikenal.  Berbincanglah dengan mereka secara santai, sebisa mungkin tidak menyentuh kepada hal-hal teknis atau yang bersifat bisnis. Bahkan bila perlu berikan mereka akses  untuk produk versi beta anda. Lakukan networking seperti anda mencari teman untuk bergaul, bukan mencari orang untuk anda prospek.

Mengambil Pelajaran Dari Founder Lain

Kevin mengambil pelajaran penting ketika dia bercakap-cakap dengan Elon Musk, Jack Dorsey, hingga Ev Williams. Banyak yang dia kagumi dari diri para CEO legendaris tersebut. Salah satu hal yang membuatnya takjub adalah cara para founder tersebut dalam menyikapi suatu masalah.  “Banyak founder ketika melihat masalah yang sangat besar akan menjadi gugup, ketakutan atau merasa terlalu besar untuk diatasi. Founder yang terbaik, melihat hal tersebut sebagai tantangan, bukan sebagai halangan. Jika ada masalah yang besar atau sesuatu yang perlu mereka atasi, itu adalah hal yang akan menggerakkan Anda. Sebuah faktor yang akan menggerakkan seorang individu.”

sumber: startupbisnis

 

 

 

English Version:

Important Lessons For The Founder After Build a Startup

Building a business is the first step of a series of long trips a businessman. Many important steps bigger to be done by the founder after establishing his business startup. From formulating short-term strategy, making the concept of managerial, to think of strategies to achieve funding.

Here is an important lesson for the new founder from Kevin Rose, founder of Digg who is also co-founder of the North Technologies.

Eliminating Personal Ego

A founder is not required versatile and can perform all technical matters in business. Sure there are some points that are not optimally controlled by the founder. For this the founders must admit to things he did not know and want to cooperate with others openly. “It is a way to begin to cultivate yourself with your company. All highly successful entrepreneurs surround themselves with great people. Eliminating the personal ego and absorb information from others is the important thing to do, “.

Focus On Specific Idea

When designing a product, we often “tempted” to discuss interesting ideas and potential. But time will be wasted if we continue to pursue new ideas that emerge. “Someone will give you an idea. Then you will discuss it with the team. Suddenly, from a small idea will emerge the opinions new and eventually will be a great thing. As a founder, you have to make a decision about this: ‘How I would do it all at once?’ And the answer is: You should not do it all at once, ” Kevin advises.

The right thing is to filter out 2-3 ideas that really steady and potential, and focus on the selection of the idea. We can not do everything in a certain period of time. Better to focus on a few things but the maximum, compared to doing a lot of things but cause confusion.

Make Fans As Brand Adcovates

Kevin said that when Digg standing, the company is trying to embrace the fans and community building. “By holding events community meet-ups, you can build a relationship with your fans and thanked them”

And this point is often forgotten by the founder. They are too busy with product and marketing, but forgot to establish relationships and engagement with customers.

Apply Great Networking

Networking do not need a formal manner such as sending PR agency, closed forums and so forth. The founder must be active in dealing with customers, journalists, experts and practitioners to be more known. Chat with them casually, as much as possible not talk about things that are technical or business. Even if necessary to give them access to the beta version of your product. Perform networking as you look for a friend to hang out, not looking for someone to your prospects.

Taking Lessons From Other Founder

Kevin took an important lesson when he was conversing with Elon Musk, Jack Dorsey, until Ev Williams. Many of the self that he admired the legendary CEO. One of the things that made him wonder is how the founders in addressing a problem. “Many founder when he saw a very big problem will be nervous, scared or feel too big to overcome. The best founder, see it as a challenge, not as an obstacle. If there is a big problem or something they need to overcome, it is the thing that will move you. A factor that will move an individual. “

, , ,