Yang Harus Diperhatikan dan Jangan Dilakukan Ketika Membuat Logo Perusahaan

PUMA

Membuat suatu desain memang tidak semudah yang dibayangkan, namun juga tak perlu dibuat rumit sehingga membuang-buang waktu. Terutama dalam membuat logo perusahaan, dimana para desainer harus memperhatikan banyak aspek dan tidak membuatnya secara asal-asalan. Logo memang sepertinya sepele dan hanya sebagai penanda, namun logo juga memegang peranan penting karena itulah identitas visual suatu brand atau perusahaan. Selain itu logo yang baik akan memberikan representasi yang kuat di benak maupun pikiran customer.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika anda membuat suatu desain logo perusahaan. Terdapat hal yang perlu anda lakukan, namun juga terdapat beberapa hal yang sebaiknya tidak anda lakukan, check this out!

 

Yang Perlu Diperhatikan

  1. Make it Simple

Jargon “Simple is The Best” atau “keep it simple” bukanlah isapan jempol belaka. Konsep desain yang sederhana dan mudah dikenali adalah strategi branding yang sangat efektif dan efisien.  Anda tidak perlu memaksa orang lain untuk melihat desain logo anda yang rumit dan sulit untuk diingat. Bukan berarti desain dengan banyak variasi itu buruk dan “haram”, maksudnya adalah anda harus menyesuaikan karakter yang ingin dibangun oleh perusahaan atau brand dengan visualisasi desain logo yang tepat.

nike

Coba anda lihat logo Nike. Secara teknis, orang awam yang tak paham desain pun pasti bisa membuat logo semacam itu. Namun bukan itu esensinya, intinya adalah bagaimana sang desainer mampu membuat konsep secara baik dengan pertimbangan aspek psikologi yang tepat. Tanpa perlu embel-embel nama brand, semua orang langsung tahu kalau itu adalah logo Nike.

  1. Buatlah Menjadi Fleksibel

Anda perlu ingat, bahwa logo anda tidak hanya akan tampil pada satu media saja. Bila menerapkan integrated marketing, anda pasti akan melakukan promosi di media online, media cetak, bahkan media televisi. Dan pada setiap media yang berbeda,  anda tentunya akan kesulitan bila hanya menggunakan satu logo yang itu-itu saja. Perlu penyesuaian warna atau variasi logo. Maka dari itu anda perlu membuat logo yang dinamis dan fleksibel.

apple

Contohnya logo Apple. Meskipun mereka memiliki bentuk logo yang saklek, namun mereka bisa menyesuaikan logo mereka dengan memberi sentuhan warna yang berbeda namun tetap terasa dinamis.

  1. Perhatikan Aspek Filosofi atau Makna

Logo yang baik merupakan logo yang memiliki makna didalamnya. Karena logo merupakan corporate identitiy, bukan hanya sekedar penyajian grafis semata. Makna tersebut dapat divisualisasikan dari warna logo, bentuk logo, maupun slogan yang menyatu dengan logo.

PUMA

Seperti logo Puma berikut ini yang memiliki makna khusus dibaliknya. Logo Puma memiliki citra Puma melompat, hewan dinyatakan disebut macan kumbang atau singa gunung. Aktif baik siang dan malam, itu adalah binatang yang kuat dan pemburu ahli yang dapat melompat ke maksimum 20 kaki tinggi dalam single bounce. Dengan memasukkan makhluk dalam logo Puma, perusahaan telah diringkas arti lengkap produk yang menjadi identitas yang kuat. Logo Puma sendiri ciri keandalan merek dan produk-produknya.

 

Yang Jangan Dilakukan

  1. Jangan Terlalu Rumit dan Variatif

Untuk desain logo, sebaiknya terapkan konsep yang sederhana. Anda harus tetap mengingat, bahwa logo merupakan identitas suatu perusahaan, bukan karya seni. Jadi pentingkan fungsi dibanding selera pribadi. Mungkin anda memiliki kemampuan teknis yang mumpuni, namun anda juga harus bisa menyesuaikan fungsi dengan konsep logo.

  1. Hindari Klise

Desain yang simpel bukan berarti pasaran atau kuno. Anda harus memikirkan pula mengenai perkembangan zaman. Jangan sampai ada perusahaan lain yang memiliki logo yang mirip dengan logo anda. Contohnya adalah logo yang menampilkan nama perusahaan, itu sudah termasuk klise. Buatlah logo yang kreatif, meski tidak mencantumkan nama perusahaan namun tetap menginterpretasikan perusahaan anda.

  1. Jangan Asal-Asalan Memberikan Warna Logo

Warna merupakan aspek logo yang perlu mendapat perhatian khusus. Dalam pembuatan logo perusahaan, anda harus bisa menyaring warna yang Anda inginkan. Anda tidak bisa meremehkan kekuatan skema warna. Warna memiliki kekuatan untuk mempengaruhi perasaan dan emosi.

PIZZA

Mengapa rata-rata restoran cepat saji dunia memiliki unsur merah dalam logonya, seperti; Pizza Hut, Mc’Donald, KFC, dan lain sebagainya? Menurut survei yang dilakukan oleh perusahaan cokelat, Green & Black, ditemukan bahwa makanan yang berwarna merah akan meningkatkan selera makan seseorang dibanding warna lain. Selain itu makanan berwarna merah juga diklaim bisa membuat perasaan seseorang menjadi lebih bahagia. Secara umum warna merah memang merangsang nafsu makan seseorang.

 

 

 

English Version:

DOs and Don’ts When Make a Logo Design For Company

Make a design is not as easy as imagined, but also do not need to be complicated so that a waste of time. Especially in making the company logo, which the designers must consider many aspects and does not make it inconsequential. Logo indeed seem trivial and just as markers, but the logo also plays an important role because that is the visual identity of a brand or company. Other than that a good logo will provide strong representation in the mind of the customer as well as the mind.

Here are things to consider when you create a logo design company. There are things you need to do, but also there are some things you should not do, check this out!

 

What to Look For

  1. Make it Simple

“Simple is the Best” or “keep it simple” is not a figment. The design concept is simple and easily recognizable branding strategy is a very effective and efficient. You do not need to force others to see your logo design that is complicated and difficult to remember. Not that design with lots of variation is bad and “illegitimate”, the point is you have to adjust the characters to be built by the company or brand with the right logo design visualization.

Try to see the Nike logo. Technically, the layman who does not understand any design can certainly make such a logo. But not the essence, the point is how the designer is able to create a concept well with proper consideration of psychological aspects. Without the need frills brand names, everyone immediately knows that it is a Nike logo.

  1. Make Being Flexible

You need to remember that your logo will not only appear on one medium. When implementing integrated marketing, you definitely will do promotions in online media, print media, television media, and at every different media, you certainly will have difficulty when using only one logo that’s it. Necessary adjustments or variations of color logo. Therefore you need to create a logo that is dynamic and flexible.

For example, the Apple logo. Although they have a definite shape of the logo, but they can adjust their logo with a touch of different color but still feels dynamic.

  1. Consider Aspects of Philosophy or Meaning

A great logo is a logo that has meaning. Because of a corporate logo Identitiy, not just a mere graphical representation. The meaning can be visualized from the color logo, shape logo, slogan or logo that blends with.

Such as the following Puma logo that has a special meaning behind it. Puma Puma logo has the image jump, animal otherwise called a panther or mountain lion. Active both day and night, it is a powerful animal and hunter experts who can jump to a maximum of 20 feet high in a single bounce. By entering creature in the Puma logo, the company has summarized the complete meaning that products become strong identity. Puma logo alone characterize the reliability of the brand and its products.

 

Do not Do

  1. Do Not Be Too Complicated and Variatif

For the design of the logo, you should apply a simple concept. You should keep in mind, that is the identity of a company logo, not a work of art. So important: functionality than personal taste. Maybe you have a qualified technical ability, but you also have to be able to adjust the function of the logo concept.

  1. Avoid Clichés

Simple design that does not mean the market or old-fashioned. There must be no other company has a similar logo with your logo. An example is the logo that displays the name of the company, it has included a cliché. Make a creative logo, although not include the name of the company but still interpret your company.

  1. Do not carelessly About Color

Color of logo is an aspect that needs special attention. In the manufacture of the company logo, you should be able to filter the color you want. You can not underestimate the power of the color scheme. Color has the power to affect the feelings and emotions.

Why is the average fast food restaurants in the world have a red element of the logo, such as; Pizza Hut, Mc’Donald, KFC, and so forth? According to a survey conducted by the chocolate company, Green & Black, it was found that the red-colored foods will increase a person’s appetite than other colors. Besides red foods also claimed could make someone’s feelings become happier. In general, red is indeed stimulate people appetite.

 

, ,

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *